Kisah Inspiratif Khaidar Khamzah Ditolak Kampus di Indonesia, Namun Diterima 13 Universitas Top Dunia !

| Senin, 15 Mei 2023


 M. Khaidar Khamzah merupakan siswa kelas XII IPA MAN 1 Brebes yang diterima di 13 Universitas top dunia yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Siswa kelas XII IPA itu mempersiapkan seleksinya dengan mengumpulkan berkas, tes substansi hingga interview berbahasa Inggris. Setelah dinyatakan lolos, dia kemudian mulai mengikuti Program Persiapan yang dilaksanakan oleh Puspresnas seperti kursus bahasa Inggris (IELTS) dan Scholastic Aptitude Test (SAT). Ia menyatakan bahwa "Selain itu, untuk menunjang portofolio agar lebih bagus saya mengikuti kegiatan proyek sosial dengan membuat kegiatan “Sharing of Campus Experience” bersama tiga rekan lain di MA Al Hikmah 2 Benda Brebes dan mengisi waktu dengan konselor yang disiapkan oleh peneliti melalui kegiatan College Counseling, untuk membantu saya dalam proses pendaftaran, konsultasi universitas, dan lain-lain,” ( Selasa, 2/5/2023).

Dari 13 Universitas Luar Negeri yang menerimanya, Khaidar memilih University of Toronto Mississauga Kanada Jurusan Studies in Social Sciences (Economics and Econometrics) usai dinyatakan lolos seleksi gelombang 1 pada 14 Maret 2023.  Selain itu Khaidar juga diterima di 13 universitas kenamaan dan juga lolos masuk daftar tunggu di Columbia University, Cornell University dan Babson Collage, Amerika.

Dari sini sosok Khaidar dapat dijadikan teladan bagi para pelajar di Indonesia bahwa kerja keras tidak akan menghianati hasil, suatu kesuksesan tidak harus dimulai dengan modal yang besar. Banyak orang yang memulai suatu kesuksesan dari nol bahkan dari tahap minus namun mereka berusaha tanpa menyerah untuk mencapai mobilitas sosial ke arah yang lebih baik.


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲